Write My Joke Material

Guys, berhubung sekarang lagi liburan, penderitaan hidup udah agak berkurang kan? udah nggak mkirin tugas, ujian, jurnal, bikin laporan, nulis tugas di blog, mikirin dosen yang killer, mikirin dosen yang cantik tapi kok dia udah punya suami. etc.

Dan sekarang waktu yang pas buat nulis joke materi. Okay guys first thing yang harus kamu lakukan sebelum nulis materi adalah biarin pikiran kalian seliar mungkin. Tapi tetap dalam kategori waras dan logis. Biarkan imajinasi kalian melayang kemana - mana. Ambil alat tulis dan kertas. Get ready to write !


Sebenernya banyak metode yang digunakan para comedian untuk menulis materinya masing - masing. Dan sekarang saya akan share gimana cara saya nulis materi.

1. Nulis materi itu nggak bisa dilakukan hanya sesaat sebelum openmic. Jadi yang perlu kalian lakukan adalah siap setiap saat menulis kapanpun dan lagi ngapainpun kalian setiap terlintas suatu hal yang lucu di pikiran kalian. Tulis ! boleh dilakukan cukup tulis poin poin atau tema yang spesifik. Tapi juga perlu diingat guys, jangan nulis materi pas sholat. Kalo sholat ya sholat aja, fokus sama Allah. yaa, kalian tau sendiri lah siapa yang pada akhirnya itu mentakdirkan suatu joke itu lucu apa enggak. :D haha.
   * eh sebenernya nggak cuman pas sholat sih pas wudlu, thowaf, lempar jumroh, itu juga jangan.

2. Kemudian dari poin atau ide - ide yang udah ditulis sbelumnya, sekarang saatnya rewrite atau nulis ulang. Waktu nulis ulang inilah yang bikin kalian harus mikir nyusun kata - kata, set up sampai punchline beserta personanya harus bener - bener kalian pikirkan. Buat sebagus dan sepatah mungkin. Dan emang disinilah skill comic itu dibuktikan untuk persiapan sebelum openmicnya.

3. Setelah rewrite tentunya kita udah dapet beberapa joke yang udah kita tulis beserta persona yang akan kita bawain. Sekarang saatnya bikin setlist, artinya bahan atau materi dari opening sampai closing waktu openmic. Jadi, setlist itulah yang nantinya kalian pakai waktu openmic. Menulis setlist juga harus serapi dan sindah mungkin. Penempatan joke-nya biar bisa dapat respect dari audience. Saran saya sih tempatin joke yang sekiranya paling lucu itu di awal dan akhir. Di awal fungsinya untuk mencuri perhatian audience, biar mereka tertarik buat ngedengerin joke joke selanjutnya. Dan di akhir untuk meninggalkan kesan kita sama audience, buat yang joke paling keren dan paling lucu terus kemudian closing dan menurut saya itu mungkin bisa bikin audience tertarik buat liat openmic dari kita selanjutnya.

Alright guys, intinya comic itu bukan orang bego yang ngomong asal nyeplos aja. mikirnya juga rumit kan?  harus joke autentik karya pribadi, jadi yaa walaupun ada comic yang nggak lucu, hargain dikit lah :D haha. Dan disamping step - step diatas ada beberap hal yang juga penting. oke, are you ready? check it out.

#persona - yang nggak kalah penting lagi itu persona. Bagaimana cara kita bawain setlist atau joke - joke yang udah kita bikin di sebelumnya. diksi intonasi dan act out yang kita prelukan dalam menyampaikan suatu joke harus bener - bener mateng, pas dan lucu. dan menurut saya sih nggak ada cara lain selain latihan terus - menerus hafalkan dan kuasain materi kalian. dan nanti pas openmic kalian bisa kuasain audiencenya.

#combud - itu juga perlu. Terhadap suatu joke, ada joke yang orang anggap itu lucu banget dan menurut orang lain itu biasa aja, dengan kata lain ternyata nggak cuman cantik aja yang relatif tapi lucu juga relatif -_- . Jadi combud itu mungkin juga perlu, biar kalian tau pendapat orang lain atau kalo combud sama yang lebih senior kalian bisa dapat saran dan mungkin jalan keluar yang baik buat materi kalian.

Finally sekian ulasan dari saya tentang nulis materi.
-_- hehe, mungkin sedikit aneh ya? mana aksen loe gue yang biasa saya pake?
yaelah guys, ini kan lagi di rumah, di desa, jadi, menyesuaikan lah... :p
kalo openmic kan juga harus menyesuakan audience...
dan berhubung ini blog, blog gue, terserah gue mau nulis apaan yah

Good Luck ! bye...
then jangan lupa nanti ada openmic @StandUpIndo_LMJ di @Warkem_LMJ ba'da isya - selesai.
have a nice show !

Tidak ada komentar: