SUC - Glossarium


Pas nonton open mic (stand up comedy show) pernah denger nggak kata - kata kayak, Riffing, Blues, Punchline, Bit, Roasting...

Yang sering nonton stand up comedy, pastinya udah nggak asing lagi sama istilah - istilah itu.

Oke sekarang gue mau ngebahas tentang istilah istilah yang biasa dipake dalam Stand Up Comedy, tentunya buat para newbie - newbie yang masih unyu seperti juga saya...   :D hehe...

Biar ntar kita ngerti kalo para senior lagi ngomongin masalah stand up comedy + juga pas nonton show kita jadi ngerti maksud comic kalo sewaktu - waktu, dalam materi make istillah - istilah tersebut.
  1. Bit = Rangkaian satu materi stand up comedy yang terdiri dari set up dan punchline
  2. Setup = penjelasan yang mengemas punchline menjadi lucu
  3. Punchline = bagian yang menjadi titik tawa (bagian lucu)
  4. Riffing = interaksi antara comic dengan audience/ menggali kelucuan dari audience
  5. Roasting = ngledek audience / orang lain
  6. Blues = materi yang mengarah atau tentang sex
  7. Comic = orang yang melakukan Stand Up Comedy
  8. Delivery = cara penyampaian materi seorang comic
  9. Bomb = nggak lucu (garing) ketika comic dikatakan gagal
  10. Kill = kebalikan dari Bomb, lucu (pecah gila) comedian sukses
  11. Call Back = make lagi punchline yang udah dipake di bit sebelumnya
  12. ComBud = Comedy Buddy curhat materi one on one sama comic lain (ngetes)

Bit :
Gue ini pemain bola, yang dulunya pemain basket,
mangkannya setiap gue main bola, gue selalu nendang bola dari luar kotak penalty...

Puchline :
Karena gue pengen dapet 3 point

Oke guys? sekarang saatnya menulis materi, dan latihan open mic.
Good Luck ! 

7 komentar:

Innamul Hassan mengatakan...

ahh bego lu, gini aja pake diceritain :P

Muzakifuz mengatakan...

gue ini nggak lagi cerita, ini shring mekanisme open mic aja...
menurut kapasitas gue,
ini yang yang gue tau, ya ini yang gue share... -_-

Innamul Hassan mengatakan...

ahh ngga mutu :P

Innamul Hassan mengatakan...

jangan nangis juga lah hahaha

Muzakifuz mengatakan...

-_- gue tuh tadi cuman coba bales heckler lo sebagai profesional blogger aja tadi tuh brengsek,,,

Anonim mengatakan...

Santai aja Gan, orang ga bisa emang sukanya cuma nyinyir. Yaa namanya juga dunia, orang macam gitu kan buat pelengkap, masa di dunia semua orang baik semua, ya emang pasnya ada orang2 yang ga manfaat & ga guna macam yg komen itu tu, biar dunia ini seimbang.
Peace Bro, yg merasa, ane mohon maaf ya, mohon maaaaf bener lho ini. Ane mah cuma ngingetin, jadi bijak & smart yuk, hehe...

Anonim mengatakan...

6