SUC - About



Pada tau yah, apa itu Stand Up Comedy?
Raditya Dika, Panji Pragiwaksono, Kemal Palevi, Dodit Mulyanto itu adalah contoh para comic yang udah punya nama di panggung Stand Up Comedy Indonesia.

Jadi, Stand Up Comedy itu apaan sih? yah menurut gue stand up comedy itu : ngelawak sendirian sambil berdiri. :D
mungkin kalian udah pada tau gimana prakteknya dilapangan.

Oke sekarang gue pengen sharing, gimana memulai jadi comic (Stand Up Comedian). Dalam stand up comedy tidak ada batasan umur, jenis kelamin, cakep apa enggak,,,
semuanya bebas kalo mau jadi comic, yang penting dia punya joke2 yang keren dan bisa melucu itu aja udah cukup.

Untuk lebih ringkasnya menjadi stand up comedian itu melalui tahap2 dalam flowchart di bawah ini :

Jadi, dimulai dari menulis materi, maksudnya meteri joke atau lelucon karya sendiri atau original dari comic itu sendiri. Inget gan, jangan njiplak, yaa, kalo buat awal2 nggak papa njiplak dikit lah tapi jangan nyampe ada audience yang tau. :D hehe... tapi bagaimanapun juga Stand up comedy itu menjunjung tinggi originalaitas. Sedikit tips, biasanya materi - materi cerdas itu muncul dari atas WC (saat kita boker). :D haha...

Oke tulis materi udah,,, sekarang saatnya latihan. lahihan nggak harus didepan banyak orang men, yaah bisa review materi bareng partner atau senior, di cek itu materi menurut orang lain lucu nggak? atau bisa bikin mereka ketawa nggak? itu penting banget.

Finally, kalo dikira persiapan + materi udah mateng, oke sekarang saatnya come forward to the front, shout your punchline !
menurut gue, yang paling penting saat lo diatas panggung adalah kuasain audiencenya,,,
bertingkahlah seakan - akan itu panggung lo, acara - acara lo. jangan sampai nervous, karena itu bisa bikin kita ngeblank alias lupa materi. Terus kalo udah gitu kita bakalan mati gaya :D haha...

Curhat dikit yah guys, pertama kali gue Open Mic di luar campus, gue ngebomb (nggak luca) abis. Bukan karena materi gue nggak lucu, tapi karena guenya aja yang nervous jadi Delivery atau penyampaian gue ancur banget. Yang berimbas audience nggak ngeliat gue sebagai comedian lagi, tapi, orang nggak jelas yang nggak jelas tuh ngomong apaan.

 Udah Open Mic turun dari panggung, gimana hasilnya? sukses? lucu? pecah gila? apa garing abis?
kalo elo lucu abis, pastinya dong itu jadi kepuasan tersendiri, karena seorang comedian itu pada dasarnya berjiwa seneng membuat orang lain tertawa.
Dan kalo hasilnya garing? :D haha, udah nggak papa lupain aja (lihat flowchart). Koreksi & minta saran dari para senior dimana letka kekurangan lo, dan bagian mana yang mesti diperbaiki.

Sekedar Tips dari gue :
  1. Sebelum Open Mic, lihat dulu siapa udiencenya. usahain materi relevan banget sama audience. Kalo bisa beberapa bit dari materi, dipersempit lagi yang ngena sama audience banget.
  2. Ini Stand Up Comedy, bukan karnaval, jadi nggak usah make kostum yang aneh2, stand up comedy ini memainkan materi yang lo bawa bukan tentang kostum yang lo pake. Tapi kalo materi lo make alat bantu yang memudahkan lo dalam menyampaikan materi its okay.
  3. Usahain materi di awal pas opening itu one liner atau joke2 pendek. Perhatiin juga jokenya, ini bakalan ngena / bikin penonton pecah gila apa enggak. Kalo diawal - awal udah sukses bikin audience antusias, otomatis mereka bakalan lebih antusias lagi ngederin setiap punchline yang li katakan berikutnya.
  4. Susun materi yang lo rasa lucu banget (tentunya setelah di review ke pertner) di awal. dan yang pecah gila itu di bagian Closing. itu bakalan memberikan kesan pada audience tentang comic tersebut.
Soal relevan atau enggaknya meteri, pengen cerita diikit, gue pernah open mic di cafe, make materi yang biasa gue pake di kampus, karena kampus gue kampus Islam, seluruh atau sebagian besar mahasiswanya ngerti lah tentang keislaman.
ini materi gue :
"Menurut saya suporter manchester city itu semunya calon penghuni surga, kalian liat aja jersynya ada tulisan 'Etihad'... 'Etihad fi Sabilillah'..."
-_- itu penonton  ketawa cuman dikit (ketawa ngledek) terus sikut sikutan sama penonton sebelahnya, "eh bro, etihad fi sabilillah apaan sih?".
:D hehe, gue lupa, audience waktu itu nggak semuanya islam, wajar aja nggak ngerti,,,
 jadi intinya, materi Stand Up Comedy itu harus sesuain sama kondisi audience.

Well then, buat para newbie comic, slamat mencoba...
Good Luck !


 

Tidak ada komentar: