SUC - Ngebomb

Kenapa guys? lagi galau? abis open mic tapi ngebomb (nggak lucu?/garing/bangsa*t?janc*k)
:D haha... -_- sukurin...

Oke, sekarang gue pengen sharing opini gue tentang bomb perfom.
Sebenernya banyak faktor sih yang bikin comedian, nggak sukses dalam aksinya. :D dan tentunya itu bikin bete, galau dan nggak bisa tidur, apalagi kalo dari audience ada heckling - heckling yang nggak enak banget didengerin. Well then guys, Oke langsung aja:
  1. Delivery Nggak Bagus. ini menururt gue yang paling penting, cara penyampaian lo ke audience, gimana cara lo sebagai seorang comedian mengemas sedemikian ruapa materi lo biar audience itu bisa kebawa sama bit - bit lo, dan mereka bener - bener respect sama yang lo bawain. Gimana artikulasi, intonasi + jeda yang pas itu berpengaruh banget menurut gue. Nervous juga bisa bikin delivery jadi ancur, ntar lo bahkan bisa ngeblank (lupa materi) dan audience pasti udah nggak respect lagi sama si comic. Dan jangan lupa juga yang paling penting itu persona lo sebagai seorang comedian harus bener - bener dapet. Persona itu merupakan ciri yang melekat pada karakter setiuap comic. Semakin kuat persona lo semakin gokil.
  2. Materi Emang Nggak Lucu. kalo yang ini jelas lah. kenapa lo ngebomb. :D haha... mangkanya men, kalo mau open mic tuh diperhitungkan dulu materi mana yang bakalan lo bawa nanti dan lo bener - bner nulis materi yang lucu. Saran gue sih, ya sering ikutan sharing bareng comic lain, biar dapet saran ntar gimana enaknya tuh, gimana nyempurnain materi yang udah lo tulis. Tapi satu hal yang unik disini, bit yang bomb itu mungkin nggak lucu buat audience, tapi itu mrupakan hal yang lucu banget buat sesama comedian :D haha, bangsat nggak ? Saran gue sih kalo udah gagal di bit - bit awal, lo langsung aja cut semua bit lo dan langsung closing, soalnya kalo comic itu udah garing di awal biasanya audience bakalan hilang respectnya. mendingan lo langsung ke bit akhir dan closing. dari pada lo malu kelamaan di depan audience.
  3. Situasi Nggak Kondusif. ini pastinya yang merugikan comedian banget, misalnya lo ngisi open mic, tapi sound systemnya nggak bagus, jadi suaranya nggak jelas, atau lo ngisi open mic di acara seminar saat akhir acara dimana MC.nya formal dan penyelenggara nggak tau gimana cara mengemas Stand Up Comedy itu secara bagus. Tentunya lo harus besusah payah meng-foreplay audience lo. Atau lo open mic di depan orang - orang yang susah ketawa, misalnya anak Fakultas Teknik yang lagi skripsi. :D haha... mampus lo. misalnya juga lo ngisi di semiunar yang garing abis, dan di akhir acara, audience udah ngantuk banget dan pengen balik. :D haha... Saran gue sih, jadi yah lo nggak bisa gitu aja dong nyalahin audience atau penyelenggara. menurut gue sebelum lo ada show, lo teliti dulu deh gimana ntar di lapangan, kondusif nggak? tapi kalo penyelenggaranya dari komunitas Stand Up sih pastinya mereka tau lah gimana mengemas Stand Up Comedy itu sebaik mungkin. &  kalo misalnya lo nggak sanggup, mendingan nggak usah open mic dari pada ntar nge-bomb. :D haha.
Oke, Jadi menurut pengalaman gue sih itu. soalnya gue pernah beberapa kali nge-bomb pas open mic. :D haha... janc*k... finally, keep fight, belajar dari kesalahan & jangan nge-bomb lagi :D good luck


Tidak ada komentar: