My High School

START FROM HERE

Jujur, saya nggak ada keinginan sama sekali buat tinggal di pesantren, apalagi jauh banget dari rumah. Tapi masi inget dulu sesaat sebelum berangkat ke Jogja nonton Pirates of the Caribbean - At World's End, sekedar bayangin aja jadi Jack Sparrow lagi berlayar sendirian pake perahu kecil :p



Well, then, kehidupan dipesantren ternyata nggak se-kejam rumornya, bahkan saya sangat menikmati semua kegiatannya. 5 tahun yang lalu, saya masuk salah satu persantren di Jogjakarta namanya PPSPA - Pondok Pesantren Sunan Pandanaran.



#SEKOLAH

Masih satu lembaga sama PPSPA, di dalemnya ada Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran (MASPA) + Madrasah Tsanawiyah Sunan Pandanaran (MTsSPA). Seperti di sekolah - sekolah formal umum lainnya, di MASPA juga kegiatannya nggak jauh beda. Belajar di kelas, Ujian, UTS, hanya saja kita belajar tapi classmate-nya cowok semua.
Karena kehidupan pesantren kita emang didesain hidup bareng, suasana sekolah jadi lebih seru, soalnya kita ngelakuin segala sesuatu atas dasar kekeluargaan :D. Ngerjain PR, ujian, semuanya dikerjain bareng, dan nggak usah kaget kalo ada provokator yg nego sama guru buat nunda ujian, atau ngomong nggak ada PR padahal ada. Terus biasanya dalam kelas ada beberapa anak yang dianggep pinter, dan dia kita sebut sebagai ulama' , para ulama' biasanya kalo ngerjain tugas, jawabannya beda - beda, kemudian siswa lain cukup taqlid aja sama jawaban mayoritas ulama' (Jumhur Ulama'). Soalnya kita punya satu quote "Masuk Bareng Keluar Bareng"

do'a pagi sebelum sekolah

Di semua jurusan, kapasistas pembelajaran ilmu agama juga lebih banyak, misalnya ada Tajridus Sharih, Mau'idhotul Muslimin, Taqrib .etc. Believe it or not ilmu - ilmu nantinya yang menurut pengalaman saya lebih saya butuhkan setelah keluar dari MASPA. #TrueStory

Believe it or not lagi, MASPA itu tempat yang strategis banget buat kita merintis karir kalo pengen ikut kompetisi nasional. Soalnya, Jogjakarta cuman terdiri dari 5 Kabupaten, dan pastinya lawan kita cuman dikit. gitu sih, menurut mantan english debater yang dulu pernah kalah sama Mua'llimin :D
Dan yang paling penting, MASPA itu sering dikunjugingi turis asing, terus biasanya dari sekolah minta delegasi buat jadi guider nemenin mereka keliling lihat lihat pesantren sama sekolah. Agak sedikit keren kan, punya temen dari luar negeri :p

#PESANTREN

Pandanaran itu pesantren Qur'an, jadi disana bakalan ditemuin banyak santri yang kemana - mana bawa Al Qur'an, & emang disini masrkas-nya para hafidz. Jujur, saya dari awal emang nggak ada niatan buat ngehafalin, selain dilihat kasat mata, Qur'an itu tebel banget dan kayaknya impossible kalo buat ukuran otak saya. Tapi seiring berjalan kegiatan, pengaruh temen, dan pengaruh guru, jadi tumbuh rasa pengen, akhirnya saya bulatkan tekad hafalin semuanya nyampek selesai yang tapi, pada akhirnya ternyata kandas ditengah jalan -_- . Saran saya, cari guru yang tegas & bisa memotivasi secara konsisten, soalnya menurut saya faktor itu yang sangat berpengeruh. Believe me, sekarang saya jadi agak nyesel juga, kenapa dulu ngajinya nggak maksimal.

makan bareng *grab ur food fast

Hidup di Pandanaran, kebersamaan sangat diutamakan disini. Makan bareng, tidur bareng, mandi bareng juga *eh . Kegiatan di pesantren juga, menurut saya nggak terlalu strict & kejam bahkan saya rasa nggak sibuk - sibuk banget. ini rinciannya :

#Pagi
Jama'ah Sholat Shubuh
Ngaji (nyampek metahari terbit)
Mandi
Makan
Berangkat Sekolah

#Siang
Waktu Luang (nyampek Ashar)
Sholat Ashar
Ngaji Kitab
Waktu Luang lagi (nyampek Maghrib)
Sholat Magrib

#Malem
Ngaji abis magrib nyampek Isya'
Sholat Isya
Waktu Luang lagi (nyampek Shubuh)

Hari Jum'at libur. Biasanya sih temen - temen manfaatin buat izin keluar buat refreshing, ada yg ke tukang cukur rambut, jalan - jalan ke UII, ada juga yang main game online :D *anyway, main game online itu termasuk pelanggaran.
Semua santri nggak boleh keluar, atau lewat gerbang tanpa seijin pengurus. Solusinya, deketin aja pengurusnya, atau kalo pengurusnya itu keluargamu itu lebih baik.
Tapi, menurut pengalaman saya, hidup diisolasi kayak gitu, advantage yang bisa kita ambil salah satunya bisa numbuhin kretifitas, termasuk kretifitas buat nemuin cara ngelanggar aturan yang paling efektif dan anonymously. :D
Dulu saya pas di pesantren, ngabisin waktu biasanya buat, bikin - bikin kerajian dari kayu. kotak barang .etc. Terus juga latihan parkour, iya yang namanya cowok semuanya juga pengen terlihat keren di mata cewe' akhirnya saya gunain waktu luang buat latihan parkour tapi dapet 2 bulan langsung stop, soalnya kaki saya keseleo, jatuh akibat gagal loncatin meja kantin yg ada di halaman -_- *damn
Jadi piontnya cari kesibukan atau salurkan hobi yang produktif. soalnya disini softskill itu sangat diapresiasi banget dan yang paling penting stay away from breaking the rules.


Candi UII - biasanya kalo hari jum'at rame disana

Setiap bulan di Pandanaran juga ada upacara bendera, ini kegiatan yang paling ditunggu - tunggu semua santri, soalnya upacara bendera itu dilaksanakan di lapangan asrama cewe' jadi kita semua santri cowo' bisa ngelihat santri cewe' :D, walaupun kita nggak saling kenal, tapi gitu aja udah seneng kok. Dan yang paling penting waktu upacara, nanti bakalan disebutin ssantri teladan, itu santri yang track record selama di pesantren bagus, nggak pernah absen ngaji & sholat jamaa'ah, juga nggak pernah ngelanggar aturan. Dan pastinya saya kayaknya nggak mungkin masuk nominasi.

However, pernah hidup di Panadanaran menurut saya pengalaman hidup yang berpengaruh banget buat kehidupan setelah lulus. Dont waste ur precious time...


1 komentar:

Fahrurrozy Nur Ilmi mengatakan...

5 menit sia sia hidup ane coeg